Kumpulan BM dari sdr Ust. Abu Hanif al Jawi












Assalamu `alaikum Wr.Wb

Sebenarnya banyak sudah yang saya kumpulkan BM dari beliaunya. Karena saya merasa sangat membutuhkan sebagai motivasi dan recharge iman. Tetapi mohon maaf karena bb kena wipes. Sehingga backup data yang penting pada hilang. Karena pengalaman ini maka biar saya bisa baca - baca lagi dilain waktu baik saya sendiri ataupun bagi yang membutuhkan maka kumpulkan disini.  Dan insya Allah akan saya terus mengup datenya (semoga diberi kesehatan dan ingatan yang jernih untukku Aamiin YRA) . Dengan keterbatasan maka saya backup dari tanggal  14 Agustus 2014. Saya ucapkan terima kasih kepada Ust. Abu Hanif Al Jawi yang selalu berdakwah dan ingat serta  mengingatkan masalah kebaikan. Selamat berdakwah ustad..
Dengan gaya copy paste berikut saya persembahkan:

Participants:
-------------
*ID*Agus Setya Hadi *ID*, »Abu Hanif Al Jawi»»

Messages:
---------
14 Agustus 2014 »Abu Hanif Al Jawi»»:
Assalamualaikum.     mhn diinfo ke jamaah "diperlukan donor darah GOL B untuk bayi fitriyani (lahir premature) yg skrng ada di Ruang NiCU RSUP Sanglah Denpasar  karena HB nya krng dan turun terus   Info lbh lanjut hub bpk maskuron HP 08123973206. Dan kita doakan semoga segera  di sembuhkan. Oleh Alloh....aamiin...

16 Agustus 2014 5:24 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
Assalamu'alaikum Wa Rahmatullah Wabarakaatuh.

» "Optimis Akan Ampunan Allah" «

Dari Abu Darda' bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengabarkan bahwa Malaikat Jibri 'Alaihis Salaam mengatakan, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Wahai hamba-Ku, selama engkau menyembah-Ku, berhak akan bertemu dengan-Ku dan tidak menyekutuhkan Aku, niscaya Aku akan mengampuni dosa apa pun yang engkau lakukan, bahkan sekalipun engkau datang dengan membawa keburukan dan sepenuh bumi, Aku akan mengampunimu dan tidak memperdulikan berapa banyak dosa yang telah engkau lakukan." (HR. Thabrani)

Renungan..!!

® Sering kali kita lupa bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala sangat sayang kepada kita, mengapa kita sering tidak memperdulikannya?

Dosa yang besar adalah dosa yang diremehkan oleh pelakunya. Akan tetapi kalau kemudian kita datang mengetuk pintu Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk bertaubat, Insyaa'Allah, Allah Subhanahu Wa Ta'ala pun akan menyambut kita dengan "Senyuman".

16 Agustus 2014 11:38 pm »Abu Hanif Al Jawi»»:
  Nasehat untuk kaum hawa...

Untukmu wahai saudariku ukhty muslimah..

Wahai para wanita...
tahukah anda bahwa..

1. Semakin banyak pandangan lelaki yang tergiur denganmu semakin bertumpuk pula dosa-dosamu

2. Semakin sang lelaki menghayalkanmu... semakin berhasrat denganmu maka semakin bertumpuk pula dosa-dosamu

3. Janganlah anda menyangka senyumanmu yang kau tebarkan secara sembarangan tidak akan ada pertanggung jawabannya kelak..!!!.

Bisa jadi senyumanmu sekejap menjadi bahan lamunan seorang lelaki yang tidak halal bagimu selama berhari-hari.., apalagi keelokan tubuhmu....

4. Bayangkanlah... betapa bertumpuk dosa-dosa para artis dan penyanyi yang aurotnya diumbar di hadapan ribuan...
bahkan jutaan para lelaki??

5. Jika anda menjaga kecantikanmu dan kemolekan tubuhmu hanya untuk suamimu... maka anda kelak akan semakin cantik dan semakin molek di surga Allah...

6. Akan tetapi jika anda umbar kecantikanmu dan kemolekanmu maka ingatlah itu semua akan sirna dan akan lebur di dalam liang lahad menjadi santapan cacing dan ulat...
dan di akhirat kelak...
bisa jadi berubah menjadi bahan bakar neraka jahannam.. !!

Semoga bermanfaat..

Ust Firanda Andirja,Lc MA

17 Agustus 2014 7:45 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
# Bawalah Hartamu  Hingga ke Akheratmu #

Betapa banyak manusia yang terperdaya. Setiap waktu ia bergelut dengan dunia. Menumpuknya dan sedikit beramal kebaikan dengannya. Ia hanya berbangga dengan banyaknya harta. Ia lupa, bahwa kehidupan dunia hanya sementara.

Tiba-tiba ajal menjemputnya. Tumpukan batang emasnya, kemegahan bangunan rumahnya, kemewahan mobil pribadinya, Luasnya hamparan sawah ladangnya, kecantikan paras istrinya,  satupun tak ada yang ia berguna baginya. Hanya kain kafan yang membalut tubuhnya, itulah yang ia bawa. 

Saudaraku ..

Miliki harta dengan sebenarnya. Bawa ia hingga akherat Anda. Jadikan ia tetap bermanfaat  dan berguna bagi Anda meski Anda telah meninggal dunia.

Bagaimana caranya ?

Dari Aisyah radhiallahu anha,
Bahwasanya para sahabat menyembelih seekor domba lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Adakah sisa darinya?

Aisyah berkata, Tidaklah tersisa kecuali hanya pundaknya saja, beliau bersabda, Tersisa semuanya kecuali pundaknya.

(HR. Muslim).

“…Lihatlah bagaimana Rosulullah shollallahu alaihi wasallam menanamkan kepada keluarganya, menjelaskan bahwasanya dari dunia ini yang benar-benar MILIK KITA yaitu adalah yang sudah kita KORBANKAN,  kita SERAHKAN,  kita NIATKAN UNTUK  ALLAH azza wa jalla.

Yang lainnya akan Anda tinggalkan ketika Anda mati, Anda diantar ke kuburan.

Kalaupun ada mobil mengantar anda ke kuburan, sampai di tepi kuburan saja. Setelah itu Anda ditanam, kemudian mereka pulang. ISTRI Anda menikah dengan yang lain, HARTA Anda dibagi-bagi, TEMPAT TIDUR Anda sudah ditempati oleh LAKI-LAKI LAIN. Sudah. Habis…” Ust Abu Zubair Al Hawary, Lc  حفظه الله تعالى menjelaskan.

Klik http://salamdakwah.com/videos-detail/menanti-ajal.htm

17 Agustus 2014 2:58 pm »Abu Hanif Al Jawi»»:
" INILAH CINTA KARENA ALLAH "

Tak terasa air mata ini ikut menetes membasahi pipi ketika membaca kisah ini,sungguh SETIA wanita ini kepada suami nya,yuk mari kita baca..

Dari luar bilik kamar mayat rumah sakait , seorang ustadz masuk dan bertanya apakah istrinya mau memandikan jenazah suaminya..??

Ustadz tadi bersama beberapa orang menemani si isteri memandikan jenazah suaminya..

Seorang isteri menangis ketika memandikan jenazah suaminya,sambil menangis isteri berkata :

Inilah janji kami sebagai suami isteri,Jika abang pergi lebih dulu maka engkaulah yang memandikan jenazah abang, Andai engkau yang pergi dulu dari abang, abang yang akan memandikan jenazahmu..

Dengan tenang isteri membasuh muka suaminya sambil berdoa :

Inilah wajah suami yang ku sayang tetapi ALLAH lebih sayang padamu,Wahai suamiku,Semoga ALLAH ampunkan dosamu dan satukan kita di akhirat nanti..

Saat membasuh tangan jenazah suaminya sambil berkata :

Tangan inilah yang mencari rezeki yang halal untuk kami, masuk ke mulut kami,semoga ALLAH Memberi pahala untukmu wahai suami ku..

Saat membasuh tubuh jenazah suaminya, iapun berkata :

Tubuh inilah yang memberi pelukan kasih sayang padaku dan anak-anakku,semoga ALLAH Memberi pahala berganda untukmu wahai suamiku..

Kemudian saat membasuh kaki jenazah suaminya, kembali ia berkata :

Dengan kaki ini abang keluar mencari rezeki untuk kami, berjalan dan berdiri sepanjang hari semata-mata untuk mencari sesuap nasi, terima kasih suamiku, semoga ALLAH memberimu kenikmatan hidup di akhirat dan pahala yang berlipat kali ganda..

Selesai memandikan jenazah suaminya, si isteri mengecup sayu suaminya dan berkata :

Terima kasih suamiku,karena aku bahagia sepanjang menjadi isterimu dan terlalu bahagia,dan terima kasih karena meninggalkan aku bersama permata hatimu yang persis dirimu,dan aku sebagai seorang istri Ridha akan kepergianmu karena kasih sayang ALLAH kepadamu..

SubhanALLAH..
Indahnya saling mencintai karena ALLoh...

18 Agustus 2014 3:01 »Abu Hanif Al Jawi»»:
Kasus JILBAB & Syari'ah di Bali? Bahasa santunnya mungkin spt ini;

"..kasus pelarangan kerudung di beberapa institusi di Bali oleh penganut hindu mencirikan 2 hal | intoleransi dan pelanggaran hak asasi

juga menunjukkan ketidakpahaman pemerintah daerah di Bali | bahwa kerudung dan jilbab bagi Muslimah itu bukan pilihan, tapi kewajiban

jika dianggap tidak sesuai dengan kearifan lokal Bali, ini justru lucu dan absurd | atau malah mempertontonkan kesombongan lokal?

sekarang menjadi jelas, bahwa isu toleransi hanya digunakan saat Muslim mayoritas | disaat Muslim minoritas, toleransi cuma isapan jempol

bila pemerintah pusat justru mendiamkan hal ini | justru inilah yang mengancam NKRI, dan lebih parah lagi, penistaan agama Islam

dengan alasan Indonesia bukan negara agama, kewajiban dalam Islam bisa dilarang | parahnya yang melarang malah atas nama agama tertentu?

saat negara-negara Eropa yang mayoritasnya non-Muslim justru mulai mengakui hiijab | Indonesia khususnya Bali malah memasalahkan?

gerakan anti-syariah di Bali ini bentuk ketakutan sekaligus kesombongan | pemerintah dan pihak berwajib harus turun tangan segera

yang kita khawatirkan, bakal ada gerakan anti-hindu di wilayah lain di Indonesia | yang justru kontraproduktif bagi kerukunan umat beragama

lihatlah hal ini, toleransi Muslim yang sangat luar biasa pada ummat lain | selalu diusik dan diuji dengan keangkuhan sekelompok orang

bagi Muslim yang ada di Bali, semoga Allah beri kesabaran dan kebaikan | tidak mendapat kesulitan dalam agama, kecuali yang terpilih

menjadi Muslim di Indonesia | seolah asing di rumah sendiri

sometimes, being a Muslim in Indonesia | its like a stranger in your own home".

http://www.facebook.com/UstadzFelixSiauw/posts/10152591753936351


18 Agustus 2014 11:27 pm »Abu Hanif Al Jawi»»:
SubhanAllah, sahabat sholehku, hafalkan dan bacalah doa ini setiap selesai sholat fardhu terutama doa di penghujung malam, insyaAllah kita diwafatkan Allah dalam keadaan husnul khotimah.

تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang shaleh (QS. Yuusuf: 101).

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِيمَهُ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ فِيهِ.

Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah umur yang terakhirnya, sebaik-baik amalku adalah amal-amal penutupannya dan sebaik-baik hariku adalah hari saat aku menghadap-Mu (HR Ath-Thabarani). Jangan lupa sebelum rehat malam ini berwudhu, berdoa, berzikir sampai tertidur dan berazam untuk sholat malam. Semoga semua kita, Allah wafatkan husnul khotimah...aamiin

19 Agustus 2014 7:32 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
DI ANTARA DO'A-DO'A MUSTAJAB

1. DO'A setelah Sholat TAHAJJUD.

2. DO'A setelah Sholat DHUHA.

3. DO'A menjelang BERBUKA PUASA.

4. DO'A antara ADZAN dan IQOMAD.

5. DO'A antara DUA KHUTBA JUM'AT.

6. DO'A di penghujung hari JUM'AT (BA'DA ASHAR).

7. DO'A dikala turun HUJAN.

8. DO'A di kala mendengar KOKO AYAM (Diriwayatkan )
ayam
adalah hewan yang dapat melihat MALAIKAT/WAKTU SUBUH).

9. DO'A IMAM dan KHOLIFAH/PEMIMPIN yang ADIL.

10.DO'A orang yang TERDZOLIMI.

11. DO'A ORANG TUA kepada ANAKNYA.

20 Agustus 2014 3:23 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
Nasehat Imam Ghazaly ra.;
"Wahai anakku tercinta, nasehat itu mudah, yang sulit itu
 menerimanya. Sebab terasa pahit bagi orang yang memperturutkan kehendak nafsu. ia
lebih cenderung menyukai hal-hal yang terlarang.
Lebih-lebih kaum santri yang membuang-buang
waktu dalam mencari kebesaran diri dan kemegahan duniawi. Ia menyangka bahwa dalam
ilmu pengetahuan terkandung keselamatan dan
kebahagiaan, sekalipun tidak disertai amalan. Ini
adalah keyakinan ahli-ahli filsafat. Subhanallah. Ia
tidak sadar, bahwa bila ilmu pengetahuan telah
diamanatkan kepadanya, maka wajib diamalkan. Apabila tidak, maka hanya akan memperberat
siksa yang ditimpakan kepadanya. Rasulullah saw
bersabda:
Manusia yang paling berat menerima siksa di hari
kiamat adalah ilmuwan yang oleh Allah tidak
dikaruniai kemanfaatan ilmu. Al-Junaid ra dijumpai dalam mimpi oleh seseorang
setelah ia meninggal. Ditanyakan kepdanya, Apa
kabar wahai abal Qasim? Ia menjawab, Hilang
lenyap itibar-itibar dan tidak ada lagi isyarat-
isyarat. Tidak ada sesuau yang memberi manfaat
kepada kita, kecuali rakaat-rakaat yang kita lakukan dalam shalat di tengah malam.
*ID*Agus Setya Hadi *ID*:
Subhanallah........ #:-S #:-S #:-S

20 Agustus 2014 6:36 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
= perkataan-perkataan baik dan amal shaleh yang dinaikkan oleh Malaikat =

Telah menceritakan kepadaku Abu Abdullah Muhammad bin Ya'qub al Hafidz dari Hamud bin Abu Hamid al Muqry dari Ishaq bin Sulaiman dari Abdurrahman bin Abdullah al Mas'udy dari Abdullah bin  Al Mukhariq bin Salim dari Bapaknya dari Abdullah bin Mas'ud r.a, berliau berkata saya akan bawakan sebuah Hadist kpd kalian ; "sesungguhnya seorng hamba apabila mengucapkan SUBHANALLAH,ALHAMDULIILAH, LAAILAAHA ILLALLAH, ALLAHU AKBAR, TABAARAKALLAHU, maka Malaikat langsung menggenggam kalimat-kalimat tersebut, lalu dikumpulkan dibawah sayap-sayapnya, lalu ia terbang keatas (langit) dengan membawa kalimat-kalimat tersebut, tidaklah ia melewati sekumpulan malaikat melainkan  mereka mintakan ampun bagi orang yang membacanya, hingga malaikat itu sampai dihadapan Tuhan yang Maha Penyayang..
Kemudian Abdullah ibn Mas'ud r.a membaca firman Allah swt ;
.... Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik, dan amal shaleh di naikkan-Nya...(al Fathir;10)
[al Mustadrak ; Imam Hakim]
> shahih


21 Agustus 2014 06:04 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
Quran berbicara mengenai sabar

Dalam Al-Quran banyak ayat yang berbicara mengenai kesabaran. setidaknya ada 103 kalikata sabar disebut dalam Al-Quran, baik berbentuk isim maupun fiilnya. Hal ini membuktikan betapa besarnya pentingnya sabar bagi seorang mukmin dimata Allah SWT.

1. Sabar merupakan perintah dari Allah. Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Al-Baqarah: 153). Ayat-ayat yang serupa Ali Imran: 200, An-Nahl: 127, Al-Anfal: 46, Yunus: 109, Hud: 115.

2. Larangan istijal (tergesa-gesa). Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka…” (Al-Ahqaf: 35)


3. Pujian Allah bagi orang-orang yang sabar: “…dan orang-orang yang bersabar dalam kesulitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar imannya dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa. (Al-Baqarah: 177)

4. Allah sangat mencintai orang-orang yang sabar. Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar. (Ali Imran: 146)

5. Kebersamaan Allah dengan orang-orang yang sabar. Artinya Allah senantiasa akan menyertai hamba-hamba-Nya yang sabar. Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah itu beserta orang-orang yang sabar. (Al-Anfal: 46)

6. Mendapatkan pahala berupa surga dari Allah. (Ar-Rad: 23 - 24)

Hadits berbicara tentang sabar

Sebagaimana dalam Al-Quran, dalam hadits banyak sekali sabda Rasulullah yang menjelaskan tentang kesabaran. misalnya Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam an Nawawi mencantumkan 29 hadits yang bertemakan sabar. Secara garis besar:

1. Kesabaran merupakan dhiya (cahaya yang amat terang). Karena dengan kesabaran inilah, seseorang akan mampu menyingkap kegelapan. Rasulullah mengungkapkan, “…dan kesabaran merupakan cahaya yang terang…” (HR. Muslim)

22 agustus 2014  3:58 »Abu Hanif Al Jawi»»:
Hadits berbicara tentang sabar

Sebagaimana dalam Al-Quran, dalam hadits banyak sekali sabda Rasulullah yang menjelaskan tentang kesabaran. misalnya Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam an Nawawi mencantumkan 29 hadits yang bertemakan sabar. Secara garis besar:

1. Kesabaran merupakan dhiya (cahaya yang amat terang). Karena dengan kesabaran inilah, seseorang akan mampu menyingkap kegelapan. Rasulullah mengungkapkan, “…dan kesabaran merupakan cahaya yang terang…” (HR. Muslim)

2. Kesabaran merupakan sesuatu yang perlu diusahakan dan dilatih secara optimal. Rasulullah pernah menggambarkan: “…barang siapa yang mensabar-sabarkan diri (berusaha untuk sabar), maka Allah akan menjadikannya seorang yang sabar…” (HR. Bukhari)

3. Kesabaran merupakan anugerah Allah yang paling baik. Rasulullah mengatakan, “…dan tidaklah seseorang itu diberi sesuatu yang lebih baik dan lebih lapang daripada kesabaran. (Muttafaqun Alaih)

4. Kesabaran merupakan salah satu sifat sekaligus ciri orang mukmin, sebagaimana hadits yang terdapat pada muqadimah; Sungguh menakjubkan perkara orang yang beriman, karena segala perkaranya adalah baik. Jika ia mendapatkan kenikmatan, ia bersyukur karena (ia mengatahui) bahwa hal tersebut adalah memang baik baginya. Dan jika ia tertimpa musibah atau kesulitan, ia bersabar karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut adalah baik baginya. (HR. Muslim)

5. Seseorang yang sabar akan mendapatkan pahala surga. Dalam sebuah hadits digambarkan; Dari Anas bin Malik ra berkata, bahwa aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, Sesungguhnya Allah berfirman, Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya. (HR. Bukhari)

22 agustus 2014  3:53 »Abu Hanif Al Jawi»»:
Sabar merupakan sifat para nabi. Ibnu Masud dalam sebuah riwayat pernah mengatakan: Dari Abdullan bin Masud berkataSeakan-akan aku memandang Rasulullah saw. menceritakan salah seorang nabi, yang dipukuli oleh kaumnya hingga berdarah, kemudia ia mengusap darah dari wajahnya seraya berkata, Ya Allah ampunilah dosa kaumku, karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui. (HR. Bukhari)

7. Kesabaran merupakan ciri orang yang kuat. Rasulullah pernah menggambarkan dalam sebuah hadits; Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah bersabda, Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, namun orang yang kuat adalah orang yang memiliki jiwanya ketika marah. (HR. Bukhari)

8. Kesabaran dapat menghapuskan dosa. Rasulullah menggambarkan dalam sebuah haditsnya; Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullan saw. bersabda, Tidaklah seorang muslim mendapatkan kelelahan, sakit, kecemasan, kesedihan, mara bahaya dan juga kesusahan, hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan dosa-dosanya dengan hal tersebut. (HR. Bukhari & Muslim)


9. Kesabaran merupakan suatu keharusan, dimana seseorang tidak boleh putus asa hingga ia menginginkan kematian. Sekiranya memang sudah sangat terpaksa hendaklah ia berdoa kepada Allah, agar Allah memberikan hal yang terbaik baginya; apakah kehidupan atau kematian. Rasulullah saw. mengatakan; Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw. bersabda, Janganlah salah seorang diantara kalian mengangan-angankan datangnya kematian karena musibah yang menimpanya. Dan sekiranya ia memang harus mengharapkannya, hendaklah ia berdoa, Ya Allah, teruskanlah hidupku ini sekiranya hidup itu lebih baik untukku. Dan wafatkanlah aku sekiranya itu lebih baik bagiku(HR BUKHORI MUSLIM)

23 Agustus 2014 »Abu Hanif Al Jawi»»:
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Tengku Zulkarnain, mengatakan tidak ada satu pun wilayah di Indonesia yang berhak melarang Muslimah memakai jilbab.

"Orang Islam diwajibkan menutup aurat. Seluruh wilayah Indonesa tidak ada yang berhak melarang muslimah memakai jilbab sebagai penutup aurat," tegas Zulkarnain saat dihubungi Republika, Kamis (21/8) sore.

Kebijakan apa pun di wilayah NKRI, lanjutnya, harus sesuai dengan konstitusi UUD 1945. Dalam konteks ini, pasal 29 ayat 2 UUD 1945 menyatakan setiap warga negara berhak untuk melaksanakan ajaran agama sesuai dengan keyakinannya.

Jadi, pelarangan atribut keagamaan seperti jilbab dan kerudung di Bali merupakan pelanggaran UUD 1945. Terkait pelarangan peci, ia menyatakan peci bukanlah atribut ummat Islam, melainkan budaya nasional Indonesia. jadi, orang Bali yang melarang pemakaian peci berarti telah berpandangan sempit. Apalagi, banyak sekali tokoh non-Islam yang pakai peci.

"Saya lihat pendeta-pendeta Kristen di Sumatera Utara pakai peci. Tokoh buruh, Muchtar Pakpahan, juga selalu menggunakan peci," jelasnya.

Pelarangan jilbab dan peci di Bali, tuturnya, merupakan sikap arogansi yang luar biasa dan bentuk pelanggaran konstitusi RI. Hal ini sungguh memprihatinkan karena menimbulkan riak-riak kecil perpecahan bangsa Indonesia.


Ia pun berbagi pengalaman saat tetap diizinkan masuk ke negara China dan Amerika Serikat (AS) dengan tetap memakai serban dan jubah. Bahkan, orang yang berkunjung ke Israel saja boleh tetap menggunakan peci,dllnya..


25 Agustus 2014 4:58 »Abu Hanif Al Jawi»»:
Hati-hati... Dua Fitnah Terbesar bagi Muslimah

Sahabat Muslimah Voa Islam...

Jika jalan hidup ini boleh memilih, pasti semua akan memilih jalan hidup yang tidak bersinggungan dengan masalah apapun. Namun realita yang terjadi justru sebaliknya. Ujian merupakan salah satu ukuran dan indikator dalam hidup kita. Bahkan Alloh dengan jelas tidak akan membiarkan kita begitu saja setelah mengaku beriman tanpa adanya ujian. Bahkan Rosululloh menjelaskan dalam haditsnya:

"Barang siapa yang akan diberi oleh Alloh suatu kebaikan maka Alloh akan memberikan ujian terlebih dahulu."

Bahkan realita dalam hidup ini kita sebagai muslimah tidak lepas dari berbagai fitnah kehidupan yang begitu menggiurkan. Bahkan seolah-olah fitnah tersebutlah yang memenuhi dunia ini.

Fitnah pertama yaitu pakaian. Mari kita lihat pakaian yang terpajang di pasar-pasar dan pusat perbelanjaan. Kita pasti mendapatkan kebanyakan dari pakain itu semua pasti untuk kaum hawa. Namun jika ditelisik lebih dalam lagi kebanyakan dari pakain tersebut tidak memenuhi syarat untuk menutupi aurot bagi Sahabat Muslimah. Padahal jelas ukuran dari Alloh akan pakain bagi Muslimah.

Alloh telah berfirman: "Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, ".(An-Nuur:31)

"Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".(Al-Ahzab:59).

Bahkan saat ini jika kita ingin mencari pakain yang benar-benar menutupi aurot harus teliti dan ekstra hati-hati. ..LANJUT...»»»

25 Agustus 2014 4:58 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
Karena dari sisi lain juga sangatlah minim dari produsen pakain muslimah yang memahami makna pakaian yang benar dalam menutup aurot. Kesulitan tersebut pun semakin sempurna jika hal tersebut diterapkan di masyarakat. Karena masyarakat kita memang mayoritas Muslim, namun disaat ada muslimah memakai jilbab besar apa lagi bercadar seolah olah asih dimata ummat ini. (Ini merupakan PR da'wah untuk kita semua).

Kebayang kan bagaimana repotnya Sahabat Muslimah dikala ingin menjaga iman ini dari sisi pakaian.

Fitnah kedua yaitu menjaga lisan.Entah ini fitnah atau realita. Sebab disaat para ibu berkumpul, disitu seolah olah tidak lepas dari materi gunjing menggunjing. Menjaga lisan ini merupakan salah satu pekerjaan besar bagi seluruh muslimah. Apa lagi berkenaan dengan aib suami. Bagaimanapun pergaulan sahabat tidak akan seintim bergaulnya antara suami dan istri. Dari pergaulan tersebut maka istri lah yang paling memahami akan kelebihan dan kekurangan suaminya.

Bagi sahabat muslimah haruslah mampu memberikan rasa aman bagi siapa saja yang berada di sekitarnya. Termasuk suami, anak, orang tua maupun mertua. Aib apapun yang diketahui haruslah sahabat Muslimah mampu menutup dan menguncinya rapat-rapat. Sehingga orang yang berada disekitarnya merasa aman dan nyama. Namun yang perlu diperhatikan sahabat Muslimah, diamnya di sisi bukan berarti berhentinya proses Amar ma'ruf Nani mungkar. Sebagaimana sabda nabi. Dari Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda.
Yang disebut dengan muslim sejati adalah orang yang selamat orang muslim lainnya dari lisan dan tangannya. Dan orang yang berhijrah adalah orang yang berhijrah dari perkara yang dilarang oleh Allah (HR. Bukhari no. 10 dan Muslim no. 40 )

Janganlah sampai sahabat Muslimah terperosok pada dosa atau masalah karena kurang pandai dalam menjaga lisan. Dalam bahasa arab terdapat mutiara kata yang berarti. "Selamatnya seseorang tergantung pada menjaga lisannya"smga bermagfaat««

25 Agustus 2014 6:21am »Abu Hanif Al Jawi»»:
MENINGGAL DIATAS ISLAM & SUNNAH

عن معتمر بن سليمان
رحمه الله - يقول : ( دخلت على أبي وأنا منكسر فقال مالك قلت مات صديق لي قال مات على السنة قلت نعم قال فلا تخف عليه. )
اللالكائي : 1/67/61

Dari Mu'tamir Bin Sulaiman Rahimahullah Beliau mengatakan: "Aku masuk menemui Ayahku dlm keadaan aku sedang bersedih, maka ayahkupun berkata: "Ada apa denganmu?!"
Jawabku: "Aku telah ditinggal mati oleh sahabatku."
Lalu ia bertanya lagi: "Apakah ia mati diatas SUNNAH?!"
Jawabku: "Ya."
Lalu beliau berkata: "Kalau begitu janganlah engkau khawatir atasnya." (Al-Lalika`i 1/67/61).

قال الإمام مالك- رحمه الله تعالى : «لو لقي الله رجل بملء الأرض ذنوباً ثم لقي الله بالسنة لكان في الجنة مع النبيين والصديقين والشهداء والصالحين وحسن أولئك رفيقاً».

ذم الكلام وأهله (5/76-77).

Berkata Imam Malik Rahimahullah ta'ala: "Kalaulah seseorang menghadap Allah Ta'ala dalam keadaan membawa dosa sepenuh dunia lalu Allah mendapatinya diatas SUNNAH maka niscaya dia didalam al-Jannah bersama para nabi, para shiddiqin, para syuhada' dan orang-orang shaleh dan mereka dalam kebahagiaan." (Dzammul Kalami wa Ahlihi (77-5/76).)

قال الإمام أحمد: «مَنْ مَاتَ عَلَى الإِسْلاَمِ وَالسُّنَّةِ مَاتَ عَلَى الخَيْرِ كُلِّهِ».
سير أعلام النبلاء (11/296).

Berkata Imam Ahmad:  "Barang siapa yang mati diatas ISLAM & SUNNAH, maka dia mati diatas kebaikan seluruhnya."
[Siyar A'lam an-Nubala' (11/296).]

يقول يحيى بن جعفر :"لو قدرت أن أزيد في عمر محمد بن إسماعيل-أي البخاري-من عمري لفعلت،فإن موتي يكون موت رجل واحد،وموته ذهاب العلم"
المصدر:تاريخ بغداد 2/24

Berkata Yahya Bin Ja'far: "Kalau saja aku mampu untuk menambah umur Muhammad Bin Isma'il -(yakni Imam Bukhari)-dengan mengambil dari jatah umurku, niscaya akan aku lakukan. Karena sungguh kematianku adalah sama dengan kematian orang biasa, sedangkan kematiannya (Imam Bukhori) adalah perginya ilmu....

25 Agustus 2014 6:34 pm»Abu Hanif Al Jawi»»:
Ustadz Anas Burhanuddin MA hafidzahullah berkata pada maddah fiqh: 

أقوال العلماء لا يستدل بها و إنما يستدل لها

"Perkataan ulama bukanlah dalil, justru perkataan ulamalah yang membutuhkan dalil". 

Perkataan ini adalah nasihat untuk siapa saja yang masih taklid buta terhadap ustadznya, kiyainya, ataupun masyaikhnya. Seakan-akan perkataan mereka adalah wahyu. 

#copas #

26 Agustus 2014 6:05 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
Bismillahirrahmanirrahiim...

Assalamu'alaikum Wa Rahmatullah Wabarakaatuh.

» "Siapa Keluarga Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam?" «

Anas bin Malik berkata bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, 'Siapakah keluarga Muhammad?' Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjawab, 'Setiap orang yang bertakwa.'" (HR. Muslim dan Ahmad)

Renungan..!!

® Kekeluargaan bukanlah sekedar hubungan darah, melainkan juga spiritual. Itu berarti meskipun kita mempunyai hubungan darah dengan seseorang kalau mereka berbeda keimanannya (spiritualitasnya), mereka itu bukanlah bagian dari "Keluarga Kita." Bagaimana kita menyikapi hal ini?
Dengan demikian hubungan kekeluargaan yang didasarkan tidak hanya pada hubungan darah melainkan juga ketakwaan seseorang karena ini akan kekal sampai di akhirat kelak.'"

26 Agustus 2014 6:07 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
» "Optimis Akan Ampunan Allah" «

Dari Abu Darda' bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengabarkan bahwa Malaikat Jibri 'Alaihis Salaam mengatakan, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Wahai hamba-Ku, selama engkau menyembah-Ku, berhak akan bertemu dengan-Ku dan tidak menyekutuhkan Aku, niscaya Aku akan mengampuni dosa apa pun yang engkau lakukan, bahkan sekalipun engkau datang dengan membawa keburukan dan sepenuh bumi, Aku akan mengampunimu dan tidak memperdulikan berapa banyak dosa yang telah engkau lakukan." (HR. Thabrani)

Renungan..!!

® Sering kali kita lupa bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala sangat sayang kepada kita, mengapa kita sering tidak memperdulikannya?

Dosa yang besar adalah dosa yang diremehkan oleh pelakunya. Akan tetapi kalau kemudian kita datang mengetuk pintu Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk bertaubat, Insyaa'Allah, Allah Subhanahu Wa Ta'ala pun akan menyambut kita dengan "Senyuman".

27 Agustus 2014 5:25 am  »Abu Hanif Al Jawi»»:
» "Kehancuran Israel Pertanda Kiamat Dekat" «

Dunia Islam saat ini tengah berduka, zionis Israel dengan membabi buta lagi melakukan aksi kekejamannya terhadap warga Palestina. Zionis ini sama sekali tak perduli jeritan, ratapan juga raungan dari mereka yang ditindas. Wanita hamil dan anak-anak yang jadi korban, bahkan menjadi target utama dari brutal mereka, anak-anak yang harusnya berbahagia menikmati kanak-kanaknya, dihadapkan pada kenyataan serbuan roket dan rudal dari bangsa biadab itu.
Akankah Israel berhenti menyiksa saudara kita disana? Berapa banyak korban yang melayang dan terluka dari serbuan roket-roket penghancur syuhada??

Allah Ta'ala berfirman:

"Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israel dalam kitab itu: 'sesungguhnya Kami akan membuat kerusakan di muka bumi dua kali, dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar." (QS. Al-Israa': 4)

Ayat ini cukup jelas bagi kita, bahwa kekejaman Zionis Israel terhadap Palestina adalah bukti nyata dari ayat diatas, tentang kebrutalan dan sikap pongoh yang di miliki Israel sudah di gambarkan dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala tersebut.

Israel pekat hitam dan gelap, itulah gambaran di negara zionis yang tak punya hati nurani dan pengecut. Bangsa yang hanya diliputi rasa kebencian, keserakahan dan kekufuran. Bangsa yang hanya mencintai dirinya sendiri, egois yang sudah tertutup oleh kain kafan duniawi, bangsa yang sudah mati rasa dari rasa menghargai dan mencintai sebuah nyawa. Kebencian mereka terhadap rakyat GAZA PALESTINA telah membuka pintu neraka seluas-luasnya, kepongohan dan kedigdayaan yang bisa dinikmati sekarang adalah racun dan virus yang akan mendarah daging di setiap urat tubuh mereka dan melenakan mereka akan kenikmatan yang tidak hakiki.

Secara global Al-Qur-an menggambarkan Kehancuran Yahudi seperti:

Allah Ta'ala berfirman..BERSAMBUNG..

27 Agustus 2014 5:25 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
Allah Ta'ala berfirman:

"Dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua. (Kami datangkan orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam masjid, sebagaimana musuh-musuhmu membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai" (QS. Al-Israa': 7)

Tidak ada kekuatan didunia ini yang mampu kebiadaban Yahudi zionis. Pengepungan dan pemenjaraan besar-besar oleh penjajah Yahudi zionis dengan membangun tembok pemisah pada tanggal 16 Juni 2002 di tebing barat dengan alasan keselamatan. Ini mengasingkan tanah pertanian Palestina yang ditanaminya dengan pelbagai buah seperti anggur dan zaitun membuat perekonomian Palestina runtuh.
Ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu 'Alaihi Wasallam:

"Hampir tiba masanya tidak dibenarkan masuk (sekatan) kepada penduduk Iraq meski hanya satu qafiz makanan dan satu dirham. 'Kami bertanya dari mana larangan itu?' Rasulullah menjawab; 'Dari orang asing yang melarang-larang.' kemudian berkata lagi: 'Hampir tiba masanya tidak dibenarkan masuk (sekatan) kepada penduduk Syam (Palestina) walaupun satu dinar dan satu mud makanan.', Kami bertanya: 'Dari mana larangan itu?, Beliau menjawab: 'Dari orang Rom.'" (HR. Muslim)

Siapa kekuatan yang mampu menghacurkan Yahudi Laknatullah? Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjelaskan:

"Akan muncul dari Khurasa (Afganistan) bendera-bendera hitam, maka tidak ada seorangpun yang mampu mencegahnya, sehingga bendera-bendera itu di pasang di Eliya (Al-Quds)." (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Nu'am bin Hammad)

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala selalu melindungi saudara-saudara kita di Gaza Palestina. Yakni Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan setiap ujian-Nya dengan hikmah yang besar.

Kehancuran Israel berarti kiamat telah dekat, sehingga ramai orang mempertahankan kewujudan negara haram Yahudi tersebut. Namun janji Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Rasul-Nya pasti akan terlaksanakan.

Bersambung....

27 Agustus 2014 5:25 am »Abu Hanif Al Jawi»»:
"Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum Muslim memerangi bangsa Yahudi, sehingga orang Yahudi berlindung di belakang batu dan pohon, lalu batu dan pohon bercakap: "Wahai orang Islam, hai hamba Allah! Dibelakangku ada orang Yahudi, kemarilah, bunuh dia, kecuali pohon ghorgod, sebab itu sungguh pohonnya Yahudi." (HR. Ahmad)




28 Agustus 2014 3:24 am wita  »Abu Hanif Al Jawi»»:
» "Tingganlah Keraguan dan Perkara Yang Tak Bermanfaat" «

Dari Abu Muhammad Hasan bin Ali bin  Abu Tholib, cucu kesayangan Rasulullah berkata: Aku telah hafal (sabda) Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam:

"Tinggalkanlah sesuatu yang meragukanmu kepada sesuatu yang tidak meragukanmu." (HR. Tirmidzi dan Nasa'i)

Sesuatu yang meragukan adalah sesuatu yang tidak membuat tenang dan muncul perasaan khuwatir dalam diri seseorang, jika hal itu tak boleh dilakukan. Jika kita menghadapi kondisi demikian maka tinggalkanlah yang meragukan tersebut. Lakukanlah sesuatu yang meyakinkan atau yang bisa membuat diri kita tenang.

Dari Abu Hurairah Radiyallahu 'Anhu berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

"Sebagian tanda dari baiknya ke-Islaman seseorang ialah telah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya." (HR. Tirmidzi)

Kedudukan hadist ini merupakan landasan bab adab. Karena kebagusan ke-Islaman seseorang itu bertingkat-tingkat, dan cukuplah seseorang berpredikat bagus Islamnya, jika telah melaksanakan yang baik (wajib) dan meninggalkan yang buruk (haram). Dan puncak kebagusannya itu, jika sampai kepada derajat IKHSAN, yang tersebut dalam Hadist, "Besarnya pahala dan tingginya kemulian seseorang sesuai dengan kadar kebagusan ke-Islamannya".

Dengan demikian tinggalkanlah perkara yang tidak penting, sesuatu yang tidak bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Standar bermanfaat yang diukur oleh syariat, karena sudah mengetahui bahwa yang diperintahkan oleh syariat pasti membawa manfaat dan yang dilarang pasti menimbulkan kemudhoratan. Karenanya usaha untuk memahami syariat adalah "Aktivitas yang sangat bermanfaat". Dan menjadi kewajiban seseorang demi kebagusan ke-Islamannya untuk meninggalkan semua perkara yang tidak penting itu, karena semua aktivitas yang dilakukan oleh hamba-Nya akan dicatat dan celakahlah bagi seseorang yang memenuhi catatannya dengan sesuatu yang tidak penting termasuk bentuk dari "KEMAKSIATAN".


Wallahu A'lam Bish-shaawab



29 Agustus  2014 5:42am wita »Abu Hanif Al Jawi»»:
Kiamat Terjadi pada Hari Jumat

Hari Jumat adalah hari yang utama dalam sepekan. Pada hari tersebut ada kejadian-kejadian besar, di antaranya adalah terjadinya kiamat.  Juga pada hari tersebut Adam diciptakan, di hari itu pula beliau dimasukkan dalam surga, juga pada hari tersebut beliau dikeluarkan dari surga.

Dari Aus bin Aus, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ

Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan. (HR. Abu Daud no. 1047, An Nasai no. 1374, Ibnu Majah no. 1085 dan Ahmad 4: 8. Hadits ini shahih kata Syaikh Al Albani)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jumat itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat. (HR.  Muslim no. 854).

Beberapa faedah dari hadits di atas:

1- Hadits di atas menyebutkan keistimewaan hari Jumat dibanding hari-hari lainnya. Hari Jumat adalah hari terbaik dalam sepekan. Sedangkan hari Arofah adalah hari terbaik dalam setahun.

2- Dalam hadits di atas tidak semuanya menyebutkan keutamaan hari Jumat. Mengenai keluarnya Adam dari surga dan terjadinya kiamat tidaklah teranggap sebagai keutamaan hari Jumat namun menceritakan mengenai perkara besar yang nanti akan terjadi. Demikian penjelasan Al Qodhi Iyadh.
BERSAMBUNG»»»
29 Agustus  2014 5:45am wita»Abu Hanif Al Jawi»»:
3- Hadits tersebut menunjukkan bahwa seorang hamba di hari Jumat hendaklah mempersiapkan diri dengan berbagai amalan sholih supaya mendapatkan rahmat Allah dan tercegah dari murka Allah. Demikian juga penjelasan dari Al Qodhi Iyadh.

4- Hari kiamat disegerakan sebagai balasan bagi para nabi, shiddiqin, para wali Allah dan selainnya, juga untuk menampakkan karomah dan kemuliaan mereka.

(Disarikan dari Syarh Muslim, Imam Nawawi, 6: 142)

Namun kapan tanggal pasti kiamat itu datang, tidak ada yang mengetahuinya.

يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا


Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya. (QS. Al Ahzab: 63)



29 Agustus  2014 14:45am wita »Abu Hanif Al Jawi»»:
Rosullah-shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

لَا يُشِيرُ أَحَدُكُمْ إِلَى أَخِيهِ بِالسِّلَاحِ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي أَحَدُكُمْ لَعَلَّ الشَّيْطَانَ يَنْزِعُ فِي يَدِهِ فَيَقَعُ فِي حُفْرَةٍ مِنْ النَّارِ

Tidak boleh salah seorang dari kalian mengacungkan senjata kepada saudaranya, karena dia tidak tahu bisa jadi setan menghempaskannya dari tangannya, hingga dia jatuh ke dalam jurang Neraka (Muttafaqun Alaih).

Syeikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin -rahimahullah- mengatakan:

Begitu pula yang dilakukan oleh sebagian orang yang kurang akalnya, dia naik mobil dengan ngebut menuju ke orang yang sedang berdiri atau duduk atau tidur, dengan maksud mencandainya, lalu dia belokkan dengan cepat ketika sudah dekat dengannya agar tidak menabraknya.

Maka ini juga dilarang, dan ini seperti tindakan mengacungkan senjata, karena dia tidak tahu, bisa jadi setan mengambil kendali dari tangannya, sehingga dia tidak dapat mengendalikan mobilnya, dan ketika itulah dia jatuh ke dalam jurang Neraka.

Dan diantara contohnya lagi, bila seseorang mempunyai anjing, dan ada orang lain yang berkunjung kepadanya atau tujuan yang semisalnya, lalu dia memerintahkan anjingnya (mendekat) kepada orang tersebut, karena bisa jadi anjing itu lari dan memakan orang tersebut atau melukainya, dan si pemiliknya tidak mampu menyelamatkannya setelahnya.

Intinya, manusia dilarang melakukan semua sebab/jalan kebinasaan, baik dilakukan secara sungguhan ataupun gurauan.


Smg bermangfaat


Bersambung besok ya...... kita tunggu BM beliau...
oh iya...

untuk ikuti FB nya Herman Abinya Hanif
untuk mendapatkan BM nya gratis tiap hari  pin: 3104B47C
Assalamu "alaikum Wr.Wb

updated 28 agustus 2014 10:50 am

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.