Kumpulan BM dari sdr Ust. Abu Hanif al Jawi II

Recieved  29 Agustus 2014 9:30 PM
 »HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Rosullah-shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

لَا يُشِيرُ أَحَدُكُمْ إِلَى أَخِيهِ بِالسِّلَاحِ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي أَحَدُكُمْ لَعَلَّ الشَّيْطَانَ يَنْزِعُ فِي يَدِهِ فَيَقَعُ فِي حُفْرَةٍ مِنْ النَّارِ

Tidak boleh salah seorang dari kalian mengacungkan senjata kepada saudaranya, karena dia tidak tahu bisa jadi setan menghempaskannya dari tangannya, hingga dia jatuh ke dalam jurang Neraka (Muttafaqun Alaih).

Syeikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin -rahimahullah- mengatakan:

Begitu pula yang dilakukan oleh sebagian orang yang kurang akalnya, dia naik mobil dengan ngebut menuju ke orang yang sedang berdiri atau duduk atau tidur, dengan maksud mencandainya, lalu dia belokkan dengan cepat ketika sudah dekat dengannya agar tidak menabraknya.

Maka ini juga dilarang, dan ini seperti tindakan mengacungkan senjata, karena dia tidak tahu, bisa jadi setan mengambil kendali dari tangannya, sehingga dia tidak dapat mengendalikan mobilnya, dan ketika itulah dia jatuh ke dalam jurang Neraka.

Dan diantara contohnya lagi, bila seseorang mempunyai anjing, dan ada orang lain yang berkunjung kepadanya atau tujuan yang semisalnya, lalu dia memerintahkan anjingnya (mendekat) kepada orang tersebut, karena bisa jadi anjing itu lari dan memakan orang tersebut atau melukainya, dan si pemiliknya tidak mampu menyelamatkannya setelahnya.

Intinya, manusia dilarang melakukan semua sebab/jalan kebinasaan, baik dilakukan secara sungguhan ataupun gurauan.

Smg bermangfaat

Recieved  29 Agustus 2014 11:14 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
السلام عليكم ورحمة الله وبركات

Jamaah yg di rahmati Alloh ikuti kajian besok subuh di masjid muhammad yg insaalloh akan di isi oleh ustd Fuad Al Hadzimi dari magelang, , ajak  dan informasikan ke jamaah yg lain...
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Yg di denpasar merapat ke masjid Muhammad....
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Akibat Beramal Tanpa Tuntunan

Akibat dari amalan yang tanpa tuntunan, amalan yang tidak ada dalilnya, hanya membuat amalan tersebut tertolak dan sia-sia.

Al Bara bin Azib radhiyallahu anhu menuturkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyampaikan khutbah kepada para sahabat pada hari Idul Adha setelah mengerjakan shalat Idul Adha. Beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلاَتَنَا وَنَسَكَ نُسُكَنَا فَقَدْ أَصَابَ النُّسُكَ ، وَمَنْ نَسَكَ قَبْلَ الصَّلاَةِ فَإِنَّهُ قَبْلَ الصَّلاَةِ ، وَلاَ نُسُكَ لَهُ

Siapa yang shalat seperti shalat kami dan menyembelih kurban seperti kurban kami, maka ia telah mendapatkan pahala kurban. Barangsiapa yang berkurban sebelum shalat Idul Adha, maka itu hanyalah sembelihan yang ada sebelum shalat dan tidak teranggap sebagai kurban.

Abu Burdah yang merupakan paman dari Al Bara bin Azib dari jalur ibunya berkata,

يَا رَسُولَ اللَّهِ ، فَإِنِّى نَسَكْتُ شَاتِى قَبْلَ الصَّلاَةِ ، وَعَرَفْتُ أَنَّ الْيَوْمَ يَوْمُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ ، وَأَحْبَبْتُ أَنْ تَكُونَ شَاتِى أَوَّلَ مَا يُذْبَحُ فِى بَيْتِى ، فَذَبَحْتُ شَاتِى وَتَغَدَّيْتُ قَبْلَ أَنْ آتِىَ الصَّلاَةَ

Wahai Rasulullah, aku telah menyembelih kambingku sebelum shalat Idul Adha. Aku tahu bahwa hari itu adalah hari untuk makan dan minum. Aku senang jika kambingku adalah binatang yang pertama kali disembelih di rumahku. Oleh karena itu, aku menyembelihnya dan aku sarapan dengannya sebelum aku shalat Idul Adha.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pun berkata,

شَاتُكَ شَاةُ لَحْمٍ

Kambingmu hanyalah kambing biasa (yang dimakan dagingnya, bukan kambing kurban). (HR. Bukhari no. 955)

Coba perhatikan. Lihatlah bagaimanakah akibat dari beramal tanpa tuntunan. Jika ibadahnya asal-asalan, tanpa dasar ilmu dan tanpa dalil, beramal hanya atas dasar amalan itu baik, maka tidak akan diterima amalan tersebut.

Recieved  30 Agustus 2014 9:49 PM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Titik-titik di bawah ini (mohon dijawab dengan jujur di dalam hati kita masing-masing)

1. Allah menciptakan TERTAWA dan ...
2. Allah itu MEMATIKAN dan ...
3. Allah menciptakan LAKI-LAKI dan ...
4. Allah memberikan KEKAYAAN dan ......
Mayoritas kita (termasuk antum) akan menjawab:
1. MENANGIS
2. MENGHIDUPKAN
3. PEREMPUAN
4. KEMISKINAN
Ya tidak?
Untuk mengetahui apakah jawaban di atas itu benar atau tidak, mari kita cocokkan jawaban tersebut dengan rangkaian firman Allah SWT dalam surat An-Najm (53), ayat: 43-45, dan 48, sebagai berikut:
وَأَنَّهُ هُوَ أَضْحَكَ وَأَبْكَى
"dan Dia-lah yang menjadikan orang TERTAWA dan MENANGIS." (QS. 53:43).
وَأَنَّهُ هُوَ أَمَاتَ وَأَحْيَا
"dan Dia-lah yang MEMATIKAN dan MENGHIDUPKAN." (QS. 53:44).
وَأَنَّهُ خَلَقَ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْأُنثَى
"dan Dia-lah yang menciptakan berpasang-pasangan LAKI-LAKI dan PEREMPUAN. " (QS. 53:45).
وَأَنَّهُ هُوَ أَغْنَى وَأَقْنَى
"dan Dia-lah yang memberikan KEKAYAAN dan KECUKUPAN." (QS. 53:48).
Ternyata jawaban kita umumnya BENAR hanya pada no. 1-3.
Tapi,
Jawaban kita untuk no. 4 umumnya KELIRU.
Jawaban Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an bukan KEMISKINAN, tapi KECUKUPAN.
Subhanallah..
Sesungguhnya Allah SWT hanya memberi KEKAYAAN dan KECUKUPAN kepada hamba-Nya.
Dan ternyata yang "menciptakan" KEMISKINAN adalah diri kita sendiri.
 Hal ini bisa karena ketidakadilan ekonomi, kemalasan, bisa juga karena kemiskinan itu kita bentuk di dalam pola pikir kita sendiri. Itulah hakikatnya, mengapa orang-orang yg senantiasa bersyukur; walaupun hidup pas-pasan ia akan tetap tersenyum dan merasa cukup, bukan merasa miskin.
Jadi, marilah kita bangun rasa keberlimpahan dan kecukupan didalam hati dan pikiran kita, agar kita menjadi hamba-Nya yg selalu bersyukur

Recieved  31 Agustus 2014 6:47 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Berita duka:
انالله وانااليه رجعون
Telah berpulang ke Rahmatullaah, Al Ustadz Faiz Najih Al bin Said, tadi dini hari pkl. 01.00 WIB akibat kecelakaan di Sidiarjo. Sungguh, telah besar jasa beliau bagi Islam wal muslimiin. Semoga Allaah Subhanahu Wa Ta'ala mengampuni dosa-dosanya, menerima semua amal ibadahnya, dan semoga Allaah merahmatinya.
*ID*Agus Setya Hadi *ID*:
انالله وانااليه رجعون
*ID*Agus Setya Hadi *ID*:
Berita duka:
انالله وانااليه رجعون
Telah berpulang ke Rahmatullaah, Al Ustadz Faiz Najih Al bin Said, tadi dini hari pkl. 01.00 WIB akibat kecelakaan di Sidiarjo. Sungguh, telah besar jasa beliau bagi Islam wal muslimiin. Semoga Allaah Subhanahu Wa Ta'ala mengampuni dosa-dosanya, menerima semua amal ibadahnya, dan semoga Allaah merahmatinya.

Recieved  31 Agustus 2014 1:35 PM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Info ter update...putri. Ustd faiz juga meninggal...Hadiba Dan keponakannya yg nyupir juga meninggal.mohon doanya untuk kluarga ust fais yg ikut dalam musibah kecelakaan dini hari tadi. istri beliau patah tulang rusuk & kaki, 3 putri beliau  kritis, nuzula kondisi gegar otak, jamila patah kaki). smg segera diberi kesembuhan.

Recieved  09 September 2014 3:34 PM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
السلام عليكم ورحمة الله وبركات
Ikuti kajian islam bersama ustd Fuad Alhadzimi hari ini selasa 2 sep14 di masjid muhammad  maghrib berjamaah.....ifokan ke jamaah yg lain...
*ID*Agus Setya Hadi *ID*:
السلام عليكم ورحمة الله وبركات
Ikuti kajian islam bersama ustd Fuad Alhadzimi hari ini selasa 2 sep14 di masjid muhammad  maghrib berjamaah.....ifokan ke jamaah yg lain... BM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
# Manfaatkan Waktu Senggang dengan Hal yang Bermanfaat #

 Coba lihat bagaimana ulama salaf begitu 'pelit' menyia-nyiakan waktunya saat makan:

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menceritakan kepada kita, Ibnu Aqil berkata, Aku menyingkat semaksimal waktu-waktu makan, sehingga aku lebih memilih memakan kue kering yang dicelup ke dalam air (dimakan sambil dibasahi) dari pada memakan roti kering, karena selisih waktu mengunyahnya (waktu dalam mencelup kue dengan air lebih pendek daripada waktu memakan roti keringi) bisa aku gunakan untuk membaca dan menulis suatu faedah yang sebelumnya tidak aku ketahui. (Dia melakukan hal itu supaya bisa memanfaatkan waktu lebih). (Dzailut Thabaqatil Hanabilah, Ibnu Rajab,1/177).

Mari ya ikhwah, manfaatkan waktu luang sekecil apa pun untuk hal yang bermanfaat.
Ingatlah sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ
Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu Abbas).

Semoga bermanfaat

Recieved  5 September 2014 6:29 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Nasehat untuk kaum hawa...

Untukmu wahai saudariku ukhty muslimah..

Wahai para wanita...
tahukah anda bahwa..

1. Semakin banyak pandangan lelaki yang tergiur denganmu semakin bertumpuk pula dosa-dosamu

2. Semakin sang lelaki menghayalkanmu... semakin berhasrat denganmu maka semakin bertumpuk pula dosa-dosamu

3. Janganlah anda menyangka senyumanmu yang kau tebarkan secara sembarangan tidak akan ada pertanggung jawabannya kelak..!!!.

Bisa jadi senyumanmu sekejap menjadi bahan lamunan seorang lelaki yang tidak halal bagimu selama berhari-hari.., apalagi keelokan tubuhmu....

4. Bayangkanlah... betapa bertumpuk dosa-dosa para artis dan penyanyi yang aurotnya diumbar di hadapan ribuan...
bahkan jutaan para lelaki??

5. Jika anda menjaga kecantikanmu dan kemolekan tubuhmu hanya untuk suamimu... maka anda kelak akan semakin cantik dan semakin molek di surga Allah...

6. Akan tetapi jika anda umbar kecantikanmu dan kemolekanmu maka ingatlah itu semua akan sirna dan akan lebur di dalam liang lahad menjadi santapan cacing dan ulat...
dan di akhirat kelak...
bisa jadi berubah menjadi bahan bakar neraka jahannam.. !!

Semoga bermanfaat..

Ust Firanda Andirja,Lc MA

Recieved  5 September 2014 4:40 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta. (HR. Muslim)

Recieved  6 September 2014 4:41 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Jika junub. .

1- Junub lalu mandi sebelum tidur, ini lebih sempurna.

2- Junub dan wudhu terlebih dahulu sebelum tidur, ini yang disunnahkan untuk memperingan junub.

3- Junub dan tanpa wudhu, lalu tidur. Seperti ini masih dibolehkan.

---

Aisyah pernah ditanya oleh Abdullah bin Abu Qois mengenai keadaan Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

كَيْفَ كَانَ يَصْنَعُ فِى الْجَنَابَةِ أَكَانَ يَغْتَسِلُ قَبْلَ أَنْ يَنَامَ أَمْ يَنَامُ قَبْلَ أَنْ يَغْتَسِلَ قَالَتْ كُلُّ ذَلِكَ قَدْ كَانَ يَفْعَلُ رُبَّمَا اغْتَسَلَ فَنَامَ وَرُبَّمَا تَوَضَّأَ فَنَامَ. قُلْتُ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى جَعَلَ فِى الأَمْرِ سَعَةً.

Bagaimana Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika dalam keadaan junub? Apakah beliau mandi sebelum tidur ataukah tidur sebelum mandi? Aisyah menjawab, Semua itu pernah dilakukan oleh beliau. Kadang beliau mandi, lalu tidur. Kadang pula beliau wudhu, barulah tidur. Abdullah bin Abu Qois berkata, Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan segala urusan begitu lapang. (HR. Muslim no. 307).

Recieved  6 September 2014 11:56 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
السلام عليكم ورحمة الله وبركات

ayo datang dan ikuti acara bekam masal  besok hari ahad 7 sep 2014 di masjid muhammad jl imambonjol 335 jam 09:00ss/d jam 15:00 infokan ke jamaah yg lain ...

Recieved  7 September 2014 6:05 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Semogga kita terhindar dari 4 sifat ini.........

ﻭﻓﻲ ﻟﻔﻆ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮﻭ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: ))ﺃﺭﺑﻊ ﻣﻦ ﻛﻦَّ ﻓﻴﻪ ﻛﺎﻥ ﻣﻨﺎﻓﻘﺎً ﺧﺎﻟﺼﺎً، ﻭﻣﻦ ﻛﺎﻧﺖ ﻓﻴﻪ ﺧﺼﻠﺔ ﻣﻨﻬﻦ ﻛﺎﻧﺖ ﻓﻴﻪ ﺧﺼﻠﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﻔﺎﻕ ﺣﺘﻰ ﻳﺪﻋﻬﺎ: ﺇﺫﺍ ﺍﺅﺗﻤﻦ ﺧﺎﻥ، ﻭﺇﺫﺍ ﺣﺪَّﺙ ﻛﺬﺏ، ﻭﺇﺫﺍ ﻋﺎﻫﺪ ﻏﺪﺭ، ﻭﺇﺫﺍ ﺧﺎﺻﻢ ﻓﺠﺮ(( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ 

 Dari Ibnu Umar r.a, berkata : " bahwa Nabi Muhammad saw bersabda : " 4 sifat, barangsiapa mendapati 4 sifat tsb dalam diri seseorang, adalah dia seorang munafik, dan bila hanya di dapati sebagian saja maka sebagian sifat munafik ada padanya, sehingga ia benar-benar meninggalkannya.
- bila dia di beri kepercayaan dia menghianati
- bila dia berucap ia berdusta
- bila dia berjanji ia langgar janjinya
- dan bila dia berurusan (bermusuh-musuhan) dia membuat kejahatan.."

[HR. Imam Bukhari]

Recieved  8 September 2014 4:20 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
=WAKTU ITU ADALAH KEHIDUPAN=

Imam Ghazaly r.a berkata;
"Wahai Anakku Yang Tercinta,
Antara nasihat Rasulullah SAW kepada
umatnya adalah seperti hadits beliau:
"Adalah termasuk tanda berpalingnya Allah Taala dari seseorang hamba apabila hamba tersebut  selalu mengerjakan hal yang tidak berguna. Dan
seandainya ada sesaat saja dari umurnya
yang telah digunakannya pada hal yang
bukan tujuan hidupnya (beribadah kepada
Allah) maka layaklah penyesalan (di hari
kiamat nanti) dan siapa yang umurnya lebih dari 40 tahun sedangkan kebaikannya masih belum dapat melebihi kejahatannya maka layaklah ia mempersiapkan dirinya
untuk memasuki api neraka.

(Ayyuhal walad)

Recieved  8 September 2014 1:43 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Bismillaah' Nasihat Salaf 

Tabi'at Babi

Imam Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah Rahimahullaah berkata :

ومن الناس من طبعه طبع خنزير يمر با لطيبات فلا يلوى عليها فاذا قام الانسان عن رجيعه قمه وهكذا كثير من الناس يسمع منك ويرى من المحاسن اضعااف اضعاف الساوى ء فلا يحفظها ولا تناسبه فائذا راى سقطه او كلمة عوراء وجد بغيته وما يناسبها فا  كهته ونقله

Dan diantara manusia ada yang tabiatnya tabiat babi. Dia melewati rizki yang baik baik tapi tidak mau mendekatinya. Jusrtu  jika ada orang bangkit dari kotorannya (selesai buang hajat), didatanginya kotoran tadi dan dimakannya hingga habis.

Demikianlah kebanyakan orang. Mereka mendengar dan melihat darimu sebagian  dari kebaikanmu yang berlipa lipat daripada kejelekanmu, tapi dia tidak menghapalnya, tidak menukilnya dan tidak mencocokinya.  Tapi jika melihat ketergelincitan  atau ucapan yang cacat, dapatlah dia apa yang dicarinya dan mencocokinya, lalu dijadikannya sebagai buah santapan dan penukilan. (Madarijus Salikin  1/hal).

Recieved  9 September 2014 4:52 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
PENYELAMAT DARI ADZAB QUBUR

dinukil dari kitab Tambihul Gofilin karya Al Faqih Abul Laits As Samarkondi.

ﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺃَﻥْ ﻳَﻨْﺠُﻮَ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺃَﻥْ ﻳُﻠَﺎﺯِﻡَ
ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔَ ﺃَﺷْﻴَﺎﺀَ ﻭَﻳَﺠْﺘَﻨِﺐَ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔَ ﺃَﺷْﻴَﺎﺀَ :
ﻓَﺄَﻣَّﺎ ﺍﻟْﺄَﺭْﺑَﻌَﺔُ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﻳُﻠَﺎﺯِﻣُﻬَﺎ ﻓَﻤُﺤَﺎﻓَﻈَﺔُ ﺍﻟﺼَّﻠَﻮَﺍﺕِ
ﻭَﺍﻟﺼَّﺪَﻗَﺔُ ﻭَﻗِﺮَﺍﺀَﺓُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻭَﻛَﺜْﺮَﺓُ ﺍﻟﺘَّﺴْﺒِﻴﺢِ.
ﻓَﺈِﻥَّ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟْﺄَﺷْﻴَﺎﺀَ ﺗُﻀِﻲﺀُ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮَ ﻭَﺗُﻮَﺳِّﻌُﻪُ.
ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﺄَﺭْﺑَﻌَﺔُ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﻳَﺠْﺘَﻨِﺒُﻬَﺎ: ﻓَﺎﻟْﻜَﺬِﺏُ ﻭَﺍﻟْﺨِﻴَﺎﻧَﺔُ
ﻭَﺍﻟﻨَّﻤِﻴﻤَﺔُ ﻭَﺍﻟْﺒَﻮْﻝُ

Barang siapa yangg mengharapkan
selamat dari siksa kubur maka dia harus
menetapi empat perkara dan menjauhi
empat perkara.
empat perkara yg harus di tetapi adalah :
1. menjaga sholat.
2. shodaqoh.
3. membaca al qur'an.
4. memperbanyak membaca tasbih.
sesungguhnya empat perkara tsb bisa
membuat kubur menjadi terang dan luas.
adapun empat perkara yg harus dijauhi
adalah :
1. berbohong.
2. berkhianat.
3. suka adu domba.
4. air kencing.
Wallohu a'lam.

Recieved  10 September 2014 5:32 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
= Membaca al-Quran =

Dari Abu Musa al-Asyari ra.
berkata: Rasulullah saw bersabda, Perumpamaan orang Mukmin yang membaca al- Quran  adalah bagaikan buah jeruk; baunya  harum
 dan rasanya lezat. Dan perumpamaan orang  mukmin yang tidak dapat membaca  al- Quran adalah bagaikan kurma; rasanya  lezat namun tidak berbau . Dan perumpamaan  orang munafik yang membaca al- Quran  adalah bagaikan buah yang berbau  harum  dan rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca al-Quran adalah bagaikan buah hanzhal
yang  tidak berbau dan rasanya pahit.
(HR. Bukhari & Muslim)

Recieved  11 September 2014 4:22 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Senjata terampuh

BIsmillah...

Doa adl senjata terampuh orang beriman, namun banyak diantara kita yg kurang memperhatikan bahkan menyia2kannya, termasuk dlm memanfaatkan  waktu2 mustajabnya doa.

Waktu-waktu mustajab untuk berdoa yg prnah diwasiatkan Rosululloh antara lain:
1. Sepertiga Malam:
"Sesungguhnya Robb kalian Tabaroka wa Ta'ala turun ke langit dunia pada waktu sepertiga malam terakhir, lalu berfirman: 'Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, pasti Ku-kabulkan,..." (HR. Bukhori)
2. Waktu berbuka puasa:
"Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa, saat berbuka ada doa yang tidak ditolak." (HR. Ibnu Majah)
3. Pada waktu bangun tidur malam hari bagi yang bersuci dan berdzikir sebelum tidur: "Tidaklah seoran hamba tertidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Alloh akan mengabulkannya." (HR. Ibnu Majah)
4. Diantara azan dan iqomah:
"Doa tidak akan ditolak antara azan dan iqomah." (HR. Abu Daud)
5. Pada waktu sujud:
"Keadaan paling dekat antara hamba dengan Robbnya adalah ketika sujud, maka prbanyaklah berdoa."(HR. Muslim)
6. Pada saat hujan turun:
"Dua doa yang tidak tertolak adalah doa pada waktu azan dan pada waktu turun hujan." (HR. Hakim)
7. Orang yg berpuasa, safar dan doa orang tua kpd anaknya: 
"Tiga doa yang tidak ditolak; doa orang tua kepada anaknya, doa orang yang sedang berpuasa dan doa seorang musafir." (HR. Al-Baihaqi)

Recieved  11 September 2014 6:43 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Memberi Nama Usaha dengan Nama Mengerikan

Pertanyaan:
Assalamualaikum

Ustad permisi mau tanya. Sekarang banyak usaha atau bisnis khususnya di Indonesia yang usahanya itu diberi nama agak mengerikan.
Misalnya: Rawon Setan, Nasi Goreng Iblis, Nasi Goreng Dajal, Mie Neraka, Mie Setan

Pertanyaannya: Apakah usahanya atau bisnis yang diberi nama seperti itu syari dan barokah Ustad?
Mohon penjelasannya terkait bisnis yang syari dan barokah itu Ustad?

Dari: Frendika S. Utama

Jawaban:
Waalaikumussalam

Penamaan semacam ini, insya Allah membuat usaha tidak barokah. Karena nama memberikan pengaruh yang besar. Perhatikan keterangan berikut:

سأل عمر رجلا عن اسمه ، فقال : جمرة . فقال : واسم أبيك ؟ فقال : شهاب . قال : فمنزلك ؟ قال بحرة النار . قال : فأين مسكنك ؟ قال : بذات لظى . قال : اذهب فقد احترق مسكنك ، قال : فذهب فوجد الأمر كذلك .

Basyir Muhammad Uyun mengatakan, Diriwayatkan dalam Al Muwatha, 2:973 dari Yahya bin Said dari Amr dan ada yang putus dalam sanadnya. Sanad yang bersambung diriwayatkan oleh Abul Qasim bin Bayaran dalam kitab Al Fawaid melalui jalur Musa bin Uqbah dari Nafi dari Ibnu Umar.

Dijawab oleh Ustadz Aris Munandar, M.PI (Dewan Pembina Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Recieved  11 September 2014 4:03 PM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Memberi Nama Usaha dengan Nama Mengerikan

Pertanyaan:
Assalamualaikum

Ustad permisi mau tanya. Sekarang banyak usaha atau bisnis khususnya di Indonesia yang usahanya itu diberi nama agak mengerikan.
Misalnya: Rawon Setan, Nasi Goreng Iblis, Nasi Goreng Dajal, Mie Neraka, Mie Setan

Pertanyaannya: Apakah usahanya atau bisnis yang diberi nama seperti itu syari dan barokah Ustad?
Mohon penjelasannya terkait bisnis yang syari dan barokah itu Ustad?

Dari: Frendika S. Utama

Jawaban:
Waalaikumussalam

Penamaan semacam ini, insya Allah membuat usaha tidak barokah. Karena nama memberikan pengaruh yang besar. Perhatikan keterangan berikut:

Suatu hari Umar bin al Khattab menanyai seseorang tentang namanya maka dia menjawab, Namaku Jamroh (yang maknanya adalah bara api). Siapa nama bapakmu? lanjut Umar. Syihab (cahaya api, jawab orang tersebut. Di mana rumahmu?, tanya Umar. Jawaban orang tersebut, Di daerah yang bernama Harrah an Nar (panasnya api). Tepatnya di daerah mana?, sambung Umar. Suatu tempat namanya Dzat Lazha (yang memiliki nyala api, kata orang tersebut. Pada akhirnya Umar berkata, Pulanglah sungguh rumah telah terbakar. Orang itu langsung pulang dan dijumpai rumahnya terbakar sebagaimana yang dikatakan oleh Umar. (Mukhtashar Zadul Maad, karya Syaikh Muhammad bin Sulaiman tahqiq Basyir Muhammad Uyun Hal. 111, terbitan Maktabah Darul Bayan Damaskus cet pertama 1413).

Basyir Muhammad Uyun mengatakan, Diriwayatkan dalam Al Muwatha, 2:973 dari Yahya bin Said dari Amr dan ada yang putus dalam sanadnya. Sanad yang bersambung diriwayatkan oleh Abul Qasim bin Bayaran dalam kitab Al Fawaid melalui jalur Musa bin Uqbah dari Nafi dari Ibnu Umar.

Dijawab oleh Ustadz Aris Munandar, M.PI (Dewan Pembina Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyari

Recieved  13 September 2014 6:45 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Anjuran untuk bertobat dan bergembira
dengannya
Hadis riwayat Abdullah bin Masud
ra.:
Ia berkata: Aku pernah
mendengar Rasulullah saw.
bersabda: Sungguh Allah akan
lebih senang menerima tobat
hamba-Nya yang beriman
daripada seseorang yang berada
di tanah tandus yang berbahaya
bersama hewan tunggangan yang
membawa bekal makanan dan
minumannya. Lalu dia tidur
kemudian ketika bangun didapati
hewan tunggangannya tersebut
telah menghilang. Dia pun segera
mencarinya sampai merasa dahaga
kemudian dia berkata dalam
hatinya: Sebaiknya saya kembali
ke tempat semula dan tidur di
sana sampai saya mati. Lalu dia
tidur dengan menyandarkan
kepalanya di atas lengan sampai
mati. Tetapi ketika ia terbangun
didapatinya hewan tunggangannya
telah berada di sisinya bersama
bekal makanan dan minuman. Allah
lebih senang dengan tobat seorang
hamba mukmin, daripada orang
semacam ini yang menemukan
kembali hewan tunggangan dan
bekalnya. (Shahih Muslim No.4929)
Hadis riwayat Anas bin Malik ra.,
ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Sungguh
Allah akan lebih senang menerima
tobat hamba-Nya ketika ia
bertobat kepada-Nya daripada
(kesenangan) seorang di antara
kamu sekalian yang menunggang
untanya di tengah padang luas
yang sangat tandus, lalu unta itu
terlepas membawa lari bekal
makanan dan minumannya dan
putuslah harapannya untuk
memperoleh kembali. Kemudian
dia menghampiri sebatang pohon
lalu berbaring di bawah
keteduhannya karena telah putus
asa mendapatkan unta
tunggangannya tersebut. Ketika
dia dalam keadaan demikian,
tiba-tiba ia mendapati untanya
telah berdiri di hadapan. Lalu
segera ia menarik tali kekang
unta itu sambil berucap dalam
keadaan sangat gembira: Ya
Allah, Engkau adalah hambaku dan
aku adalah Tuhan-Mu. Dia salah
mengucapkan karena terlampau
merasa gembira. (Shahih Muslim
No.4932)


Recieved  13 September 2014 10:58 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
السلام عليكم ورحمة الله وبركات

Mari ya ikhwah, manfaatkan waktu luang sekecil apa pun untuk hal yang bermanfaat.
Ingatlah sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ
Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu Abbas).

Ikuti kajian rutin di masjid muhammad jln imam bonjol335

Senin~kajian fikih akhlaq oleh ustd jawas sokhan

Selasa~tarikh islam oleh ustd sakhnan

Rabu~belajar arti per kata huruf alqura ustd salim

Kamis~tafsir ibnu katsir olh ustd ustd anwar

Jum'at~ mempelajari info terbaru kbar dunia islam..(nonton video tentang islam)
Ustd totok nugroho

Sabtu ~ mempelajari sifat sholat Nabi Muhammad olh ustd Husni abadi

Ahad~ kajian Tauhid olh Ustd Abdullah ikhsan

Waktu di mulai sholat maghrib berjamaah

Kajian subuh pagi styap hari senin, rabu, dan kamis

Infokan ke jamaah yg lainya


Semoga bermanfaat

Recieved  14 September 2014 5:00 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
ﺇِﺫَﺍ ﻛَﺎﻥَ ﺟُﻨْﺢُ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﺃَﻭْ ﺃَﻣْﺴَﻴْﺘُﻢْ ﻓَﻜُﻔُّﻮﺍ
ﺻِﺒْﻴَﺎﻧَﻜُﻢْ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻳَﻨْﺘَﺸِﺮُ ﺣِﻴﻨَﺌِﺬٍ، ﻓَﺈِﺫَﺍ
ﺫَﻫَﺐَ ﺳَﺎﻋَﺔٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻓَﺨَﻠُّﻮﻫُﻢْ، ﻭَﺃَﻏْﻠِﻘُﻮﺍ
ﺍﻟْﺄَﺑْﻮَﺍﺏَ، ﻭَﺍﺫْﻛُﺮُﻭﺍ ﺍﺳْﻢَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ
ﻟَﺎ ﻳَﻔْﺘَﺢُ ﺑَﺎﺑًﺎ ﻣُﻐْﻠَﻘًﺎ، ﻭَﺃَﻭْﻛُﻮﺍ ﻗِﺮَﺑَﻜُﻢْ،
ﻭَﺍﺫْﻛُﺮُﻭﺍ ﺍﺳْﻢَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻭَﺧَﻤِّﺮُﻭﺍ ﺁﻧِﻴَﺘَﻜُﻢْ
ﻭَﺍﺫْﻛُﺮُﻭﺍ ﺍﺳْﻢَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻭَﻟَﻮْ ﺃَﻥْ ﺗَﻌْﺮُﺿُﻮﺍ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ
ﺷَﻴْﺌًﺎ، ﻭَﺃَﻃْﻔِﺌُﻮﺍ ﻣَﺼَﺎﺑِﻴﺤَﻜُﻢْ

Kapan Waktu Setan Keluar?
Benarkah setan keluar ketika datang malam?
Mohon jelaskan.
Jawab:
Bismillah was shalatu was salamu ala
rasulillah, amma badu,
Terdapat hadis dari Jabir bin Abdillah
radhiyallahu anhuma , Rasulullah shallallahu
alaihi wa sallam bersabda,
Bila hari telah senja, tahan anak-anak kalian.
Karena ketika itu setan berkeliaran. Dan bila
sudah masuk sebagian waktu malam, silahkan
biarkanlah mereka. Tutuplah pintu dan sebut
nama Allah, karena setan tidak dapat membuka
pintu yang tertutup (dengan menyebut nama
Allah). Tutup semua kendi kalian dengan
menyebut nama Allah dan tutuplah bejana
kalian dengan menyebut nama Allah, sekalipun
dengan membentangkan sesuatu di atasnya, dan
padamkan lentera kalian (ketika hendak
tidur). (HR. Bukhari 5623 dan Muslim 3756)
Makna
Bila hari telah senja: gelapnya malam
mulai datang. Yaitu di saat waktu maghrib
Tahan anak-anak kalian: tahan mereka
agar tidak keluar rumah. Jika mereka ikut
ke masjid, pastikan mereka berada di
dalam masjid.
Karena ketika itu setan berkeliaran : jenis
setan (jin nakal). Dan ini ghaib.
Sementara kita hanya bisa meyakini
berita yang disampaikan Rasulullah
shallallahu alaihi wa sallam.
Hadis di atas, mengajarkan berbagai macam
adab untuk kebaikan dunia dan akhirat
manusia. Diantaranya, melarang anak kecil
bermain di luar rumah, menjelang malam
tiba. Karena dikhawatirkan mereka akan
diganggu jin-jin yang nakal.
Allahu alam

Recieved  5 September 2014 2:56 PM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Imam Malik rahimahullah berkata : "Aku
mengetahui orang yang tidak memiliki aib namun,
karena ia senang menyebar aib orang maka
Allahenyingkap aib2nya. Sebaliknya aku mengenal
orang yang memiliki aib yang sangat banyak
namun karena ia selalu menutupi Aib saudaranya
maka Allah pun menutupi Aibnya"

Recieved  15 September 2014 6:48 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Pengaruh orang tua terhadap anak

Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

Betapa banyak orang yang mencelakakan anaknyabelahan hatinyadi dunia dan di akhirat karena tidak memberi perhatian dan tidak memberikan pendidikan adab kepada mereka. Orang tua justru membantu si anak menuruti semua keinginan syahwatnya. Ia menyangka bahwa dengan berbuat demikian berarti dia telah memuliakan si anak, padahal sejatinya dia telah menghinakannya. Bahkan, dia beranggapan, ia telah memberikan kasih sayang kepada anak dengan berbuat demikian. Akhirnya, ia pun tidak bisa mengambil manfaat dari keberadaan anaknya. Si anak justru membuat orang tua terluput mendapat bagiannya di dunia dan di akhirat. Apabila engkau meneliti kerusakan yang terjadi pada anak, akan engkau dapati bahwa keumumannya bersumber dari orang tua. (Tuhfatul Maudud hlm. 351)



Beliau rahimahullah menyatakan pula,

Mayoritas anak menjadi rusak dengan sebab yang bersumber dari orang tua, dan tidak adanya perhatian mereka terhadap si anak, tidak adanya pendidikan tentang berbagai kewajiban agama dan sunnah-sunnahnya. Orang tua telah menyia-nyiakan anak selagi mereka masih kecil, sehingga anak tidak bisa memberi manfaat untuk dirinya sendiri dan orang tuanya ketika sudah lanjut usia. Ketika sebagian orang tua mencela anak karena kedurhakaannya, si anak menjawab, Wahai ayah, engkau dahulu telah durhaka kepadaku saat aku kecil, maka aku sekarang mendurhakaimu ketika engkau telah lanjut usia. Engkau dahulu telah menyia-nyiakanku sebagai anak, maka sekarang aku pun menyia-nyiakanmu ketika engkau telah berusia lanjut. (Tuhfatul Maudud hlm. 337)



(Diambil dari Huququl Aulad alal Aba wal Ummahat hlm. 89, karya asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim al-Bukhari hafizhahullah).                            http://asysyariah.com/permata-salaf-pengaruh-orang-tua-terhadap-anak/

Recieved  16 September 2014 2:45 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Meninggalkan Shalat, Lepas dari Jaminan Allah
Masih membicarakan hal yang sama tentang
urgensi shalat. Ada satu hadits yang berisi
sembilan wasiat Nabi shallallahu alaihi wa sallam
pada Abu Darda. Di dalam wasiat tersebut berisi
wasiat untuk menjaga shalat. Disebutkan bahwa
meninggalkan shalat dengan sengaja bisa lepas
dari jaminan Allah.
Abu Darda berkata,
ﺃﻭﺻﺎﻧﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺑﺘﺴﻊ: ﻻَ ﺗُﺸْﺮِﻙْ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﺷَﻴْﺌًﺎ
ﻭَﺇِﻥْ ﻗُﻄِﻌَﺖْ ﺃَﻭْ ﺣُﺮِﻗَﺖْ، ﻭَﻻَ ﺗَﺘْﺮُﻛَﻦَّ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓَ ﺍْﻟﻤَﻜْﺘُﻮْﺑَﺔَ ﻣُﺘَﻌَﻤِّﺪﺍً؛ ﻭَﻣَﻦْ ﺗَﺮَﻛَﻬَﺎ
ﻣُﺘَﻌَﻤِّﺪﺍً ﺑَﺮِﺋَﺖْ ﻣِﻨْﻪُ ﺍﻟﺬِّﻣَّﺔُ ، ﻭَﻻَ ﺗَﺸْﺮَﺑَﻦَّ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮَ؛ ﻓَﺈِﻧَّﻬَﺎ ﻣِﻔْﺘَﺎﺡُ ﻛُﻞِّ ﺷَﺮٍّ،
ﻭَﺃَﻃِﻊْ ﻭَﺍﻟِﺪَﻳْﻚَ، ﻭَﺇِﻥْ ﺃَﻣَﺮَﺍﻙَ ﺃَﻥْ ﺗُﺨْﺮِﺝَ ﻣِﻦْ ﺩُﻧْﻴَﺎﻙَ؛ ﻓَﺎﺧْﺮُﺝْ ﻟَﻬُﻤَﺎ، ﻭَﻻَ ﺗُﻨَﺎﺯِﻋَﻦَّ
ﻭُﻻَﺓَ ﺍْﻷَﻣْﺮِ، ﻭَﺇِﻥْ ﺭَﺃَﻳْﺖَ ﺃَﻧَّﻚَ ﺃَﻧْﺖَ ، ﻭَﻻَ ﺗُﻔَﺮِّﺭْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺰَّﺣْﻒِ؛ ﻭَﺇِﻥْ ﻫَﻠَﻜْﺖَ ﻭَﻓَﺮَّ
ﺃَﺻْﺤَﺎﺑَﻚَ، ﻭَﺃَﻧْﻔِﻖْ ﻣِﻦْ ﻃَﻮْﻟِﻚَ ﻋَﻠﻰَ ﺃَﻫْﻠِﻚَ، ﻭَﻻَ ﺗَﺮْﻓَﻊْ ﻋَﺼَﺎﻙَ ﻋَﻦْ ﺃَﻫْﻠِﻚَ،
ﻭَﺃَﺧْﻔِﻬِﻢْ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
mewasiatkan sembilan perkara kepadaku yaitu:
Janganlah engkau mempersekutukan Allah
meskipun lehermu akan dipenggal atau dirimu
akan dibakar. Jangan sekali-kali meninggalkan
shalat wajib dengan sengaja, (karena)
barangsiapa yang melakukannya dengan sengaja,
niscaya jaminan Allah akan terlepas darinya.
Jangan meminum minuman keras, karena itu
adalah kunci segala kejelekan. Dan taatilah kedua
orang tuamu, apabila mereka menyuruhmu untuk
menyerahkan seluruh harta yang engkau miliki
maka serahkanlah hartamu kepada keduanya.
Janganlah menentang pemimpin walaupun engkau
tahu bahwa engkaulah yang benar. Jangan lari
dari medan pertempuran, meskipun engkau akan
terbunuh dan teman-temanmu melarikan diri.
Infakkanlah sebagian harta yang engkau miliki
kepada keluargamu. Jangan lalai mengawasi
keluargamu (dalam mendidik mereka) dan
ajarkanlah kepada mereka untuk bertakwa
kepada Allah. (HR. Bukhari dalam Adabul
Mufrod no. 18. Syaikh Al Albani mengatakan
bahwa hadits ini hasan

Recieved  17 September 2014 4:39 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Renungan Amirul Mukminin Umar bin Abdul Aziz =

Umar bin Abdul Aziz berkata kepada salah seorang pendampingnya,Wahai Fulan, Aku tadi malam tidak bisa tidur karena
merenungkan sesuatu. Dia berkata, Apa
yang sedang Engkau renungkan, wahai
Amirul Mukmmin? Beliau menjawab, Aku sedang merenungkan kuburan dan penghuninya. Jika kamu menyaksikan mayat pada hari ketiganya di dalam kubur, niscaya kamu akan mendapatkan suatu bentuk sangat mengerikan walaupun sebelum mati dia sangat menawan hati.
Kamu menyaksikan suatu hunian penuh
dengan binatang binatang yang
menyeramkan, badan yang mulai
mengembung dan bernanah yang dibuat
santapan cacing tanah, sedang tubuh mulai membusuk, kain kafan mulai hancur, sementara dahulu di dunia penampilannya sangat menawan, aroma tubuhnya sangat semerbak wangi dengan parfum dan pakaiannya sangat bersih dan indah.

Setelah itu beliau tersungkur pingsan.

Recieved 17 September 2014 9:25 PM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
ﻋﻦ ﺃﺳﺪ ﺑﻦ ﻭﺩﺍﻋﺔ ﺃﻥ ﺭﺟﻼً ﻳﻘﺎﻝ ﻟﻪ: ﺟﺰﻳﺮ ﺃﺗﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻘﺎﻝ: ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ، ﺇﻥ ﺃﻫﻠﻲ ﻳﻌﺼﻮﻧﻲ ﻓﺒﻢ ﺃﻋﺎﻗﺒﻬﻢ؟ ﻗﺎﻝ" :ﺗﻌﻔﻮ." ﺛﻢ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ، ﺣﺘﻰ ﻗﺎﻟﻬﺎ ﺛﻼﺛﺎً، ﻗﺎﻝ" :ﺇﻥ ﻋﺎﻗﺒﺖ ﻓﻌﺎﻗﺐ ﺑﻘﺪﺭ ﺍﻟﺬﻧﺐ، ﻭﺍﺗﻖ ﺍﻟﻮﺟﻪ."

 ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﻄﺒﺮﺍﻧﻲ، ﻭﺃﺳﺪ ﻟﻢ ﻳﺪﺭﻙ ﺍﻟﻘﺼﺔ، ﻓﻬﻮ ﻣﺮﺳﻞ، ﻭﺭﺟﺎﻟﻪ ﻭﺛﻘﻮﺍ ﻛﻠﻬﻢ، ﻭﻓﻴﻬﻢ ﺿﻌﻒ

riwayat Dari Asad bin Wada'ah, berkata : bahwa seorang lelaki bernama Jazir datang kepada Nabi Muhammad s.a.w dan berkata : " Ya Rasulallah, sesungguhnya  keluargaku durhaka padaku, maka dengan (cara) apa aku menghukum mereka ?"
Nabi s.a.w menjawab nya : " kamu maaf kan saja "..
Lalu lelaki tsb mengulangi perkataannya hingga sampai 3x,
kemudian Nabi Muhammad bersabda : " jika kamu (tetap ingin) menghukumnya, maka hukumlah menurut kadar kesalahannya, dan hindari memukul Wajah.."

[HR. Ath Thabrani]

Recieved  18 September 2014 6:09 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Tanda-tanda Kiamat (Akhir Zaman) :

Banyak anak lahir dari hasil perzinahan
Terbitnya matahari dari Barat ke Timur
Pintu pengampunan akan ditutup
Dabbat al-Ard (sejenis unta) : akan keluar dari bumi & akan menandai muslim yang sebenar2nya
Kabut selama 40 Hari akan mematikan semua orang.
Sebuah kebakaran besar akan menyebabkan kerusakan
Pemusnahan/runtuhnya Kabah
Tulisan dalam Al-Quran akan lenyap
Sangkakala akan ditiup pertama kalinya membuat semua makhluk hidup merasa kaget dan ketakutan

Tiupan sangkakala yang kedua kalinya akan membuat semua
makhluk hidup mati dan yg ketiga yang membuat setiap makhluk hidup bangkit kembali

Nabi MUHAMMAD SAW telah bersabda: "Barang siapa yg mengingatkan ini kepada orang lain, akan Ku buatkan tempat di syurga baginya pada hari penghakiman kelak"

Mungkin kita bisa kirim ribuan BBM mesra, promote, BroadCast yang gak terlalu penting tapi bila kirim yang berkaitan dengan ibadah mesti berpikir 2x.

Allah berfirman : "jika engkau lebih mengejar duniawi daripada mengejar dekat denganKu maka Aku berikan, tapi Aku akan menjauhkan kalian dari surgaKu"

.... Subhanallah waAstaghfirullah...
Marilah kita meningkatkan taQwa kita, ibadah kita, dan 'amal kebajikan.

Smga Ber.mangfaat

Recieved  18 September 2014 8:12 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
JUM'AH MUBAAROKAH

Bismillah...

Rosululloh SAW bersabda: 
"Sebaik-baik hari ketika matahari terbit adalah hari Jum'at, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu Adam diturunkan dari surga, pada hari itu pula taubatnya di terima, pada hari itu juga ia wafat, pada hari itu Kiamat akan terjadi dan tidak ada satupun binatang melata kecuali mereka menunggu pada hari Jum'at sejak shubuh sampai terbit matahari karena takut akan datangnya hari Kiamat, kecuali jin dan manusia." (HR. Abu Daud) 

"Barangsiapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya ia akan diterangi oleh cahaya antara dua Jumat."(HR. Hakim)

"Perbanyaklah sholawat kepadaku pada hari dan malam jum'at, karena barang siapa bersholawat kapadaku satu kali, maka Alloh akan bersholawat kepadanya10 kali."  (HR. Baihaqi)

Mari kita perbanyak amal sholeh dihari jum'ah yang penuh berkah, sesuai tuntunan Rosululloh SAW.

Ya Alloh...
Karuniakanlah kepadaku kemampuan utk selalu dpt mencintaiMU, mencintai orang2 yg mencintaiMU, dan mencintai amalan2 yg dpt mendatangkan kecintaanMU padaku.
Jadikanlah umur terbaikku adl di akhir usiaku, dan jadikanlah hari terbaikku adl hari disaat aku berjumpa denganMU.

Sebarkan & semoga bermanfaat.

Recieved  19 September 2014 4:08 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
» "Memutuskan Tali Silaturahmi (Tidak Bertegur Sapa Selama 3 Hari" «

Salah satu diantara prinsip yang di tekankan dalam Islam adalah menjaga persaudaraan sesama muslim. Karena itu, Allah Subhanahu Wa Ta'ala memotivasi agar kita berupaya menjadikan muslim yang lain sebagaimana layaknya saudara.

Allah Ta'ala berfirman:

"Sesungguhnya hanya kaum muslim yang bersaudara. Karena itu, berupayalah memperbaiki hubungan antara kedua saudaramu." (QS. Al-Hujurat: 10)

Bahkan Allah Ingatkan, diantara nikmat besar yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikan kepada para sahabat adalah Allah Subhanahu Wa Ta'ala jadikan saling mengasihi, saling mencintai, padahal sebelumnya mereka saling bermusuhan.

Allah Ta'ala berfirman:

"Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu, ketika kamu dahulu ( masa jahiliyah ) bermusuh-musuhan kemudian Allah mempersatukan hatimu, lalu jadilah kalian orang-orang yang bersandar, karena nikmat Allah." (QS. Ali Imran: 103)

Bahkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menggambarkan hubungan persaudaraan antara sesama muslim, ibarat satu jasad. Jika ada yang sakit, yang lain turut merasakannya.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

"Perumpama kaum mukminin dalam kecintaan dan kasih sayang mereka adalah bagian satu jasad, apabila satu anggota tubuh sakit, maka seluruh badan akan susah tidur dan terasa panas." (HR. Muslim)

Akan tetapi, membangun persaudaraan semacan yang diajarkan Islam, lebih sulit dan sukar dilakukan seorang muslim ketimbang semisalnya memindahkan sebuah gunung, setan selalu memicu terjadinya permusuhan dan perselisihan.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

"Setan (Iblis) telah putus asa untuk disembah oleh orang yang rajin shalat di Jazirah Arab. Namun dia selalu berusaha untuk memicu permusuhan dan kebencian." (HR. Muslim dan Ibn Hibban)

Recieved 19 September 2014 4:10 AM
»HermanAbu Hanif Al Jawi»»:
Ketika Iblis melihat kemajuan Islam di akhir dakwah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, dia berputus asa, tidak mungkin kaum muslimin akan menyembahnya (melakukan syirik) di Jazirah Arab, karena mereka menjadi generasi yang sangat kuat imannya. Tapi setan tak tinggal diam, dia berupaya untuk memicu munculnya permusuhan antara mereka.

Karena itu, sikap saling mendzalimi tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Namun, Islam tidak membiarkannya. Islam menekan semaksimal mungkin semacam ini sebisa mungkin agar ini tidak terjadi.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasalam bersabda:

"Tidak halal bagi seorang muslim untuk memboikot (tidak menyapa) saudaranya lebih 3 hari." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kita bisa perhatikan Hadist ini;

Islam tidak melarang umatnya untuk membenci muslim yang lain secara mutlak, karena yang lain muslim yang merasa di dzalimi dengan yang lain, dia pasti akan membencinya. Akan tetapi kita harus ingat batas toleransi selama 3 hari, seperti yang disebutkan Hadist diatas, jadi tidak di pungkiri bahwa ini bagian dari gejolak emosi itu yang menjadi tabiat bagi manusia.


Wallahu A'lam Bish-shaawab.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.